Bakti Sosial Ramadhan 1441 H: IKESMA Bagikan Santunan kepada Yatim Piatu dan Masyarakat Terdampak Covid 19

ikesma.com (Mei 20) – Kemarin Sabtu (09/05), Ketua Pelaksana Bakti Sosial (Baksos) Ramadhan 1441 H, Ariyanto Zein beserta jajaran Panitia Pelaksana mengadakan Rapat Koordinasi dengan Kepala SMAN 1 Payakumbuh bapak Erwin Satriadi memakai aplikasi Zoom Meeting.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh, Muhammad Kadrial selaku Ketua Pelaksana Reuni Akbar IKESMA (RAI) 2020, Kol. Mulyadi, Wakil Ketua Pelaksana Baksos, Zulmeimi Anilda, Siti Gemala dari Seksi Dana. Andiko Apris, Sekretaris dan Safriyadi selaku Koordinator Pelaksana Lapangan. Ikut serta juga, mantan Sekretaris Umum IKESMA, uni Yetni Azmi.

Rapat yang berjalan serius tapi santai ini membahas beberapa agenda yaitu:

  1. SOP Penyerahan Bantuan
  2. SOP seremonial Penyerahan secara simbolis oleh Walikota Payakumbuh
  3. Jadwal Pembagian Tugas Relawan
  4. Jadwal Pembagian Bantuan dan Nama Penerima
  5. Perlengkapan, Keamanan dan lain-lain.

Ariyanto menyampaikan kesediaan bapak Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menyerahkan bantuan secara simbolis, “Alhamdulillah pak Wali Kota berkenan meluangkan waktu untuk Baksos ini” paparnya.”. Kita akan menerapkan SOP baku agar masyarakat yang hadir terlindungi dari kemungkinan penyebaran Covid 19.” tambahnya pula.

 

Hal senada juga datang dari Wakil Ketua Pelaksana “Kita harus ketat memakai aturan perlindungan sesuai dengan SOP yang dianjurkan pemerintah agar tidak tertular virus corona” Kol. Mulyadi mengingatkan peserta rapat. “Jangan sampai niat kita membantu masyarakat terdampak virus corona malah ikut menularkannya. “Jadi kita harus ekstra hati-hati” pungkasnya.

Sebagai Ketua RAI 2020 Muhammad Kadrial menjelaskan, kegiatan ini masih dalam rangkaian Reuni Akbar IKESMA 2020. Hanya saja, karena adanya Pandemik Global Covid 19 ini, agenda yang semula adalah Musyawarah Besar (Mubes) dan Halal bi Halal dialihkan menjadi Bakti Sosial.

Sebelumnya sudah dilaksanakan dengan Bakti Sosial berupa bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para Petugas Medis di Rumah Sakit dan Puskesmas di Payakumbuh dan 50 Kota. Lalu akan dilanjutkan dengan Bakti Sosial Ramadhan yaitu membagi sembako kepada Anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin yang terdampak secara ekonomis karena adanya PSBB (LockDown)

Muhammad Kadrial sangat gembira dan menyampaikan apresiasinya karena nilai bantuan yang semula ditargetkan hanya 240 paket ternyata mencapai 320 paket. “Ini sungguh luar biasa, kita harus menjaga benar-benar amanah ini” ungkapnya. “Nilai yang sangat besar, mari sama-sama kita pikirkan pula dari sisi keamanannya” tambahnya pula.

Menimpali hal itu, Kol. Mulyadi, yang juga warga nagari Tiakar, akan meminta unsur Kerapatan Adat Nagari dan Karang Taruna Tiakar berkenan membatu keamanan bantuan IKESMA ini.

Baksos Ramadhan ini akan dibagi dalam bentuk paket sembako berisikan Beras 5kg, Telur, Minyak Goreng, Gula Pasir dan Teh. Akan dibagikan mulai Selasa (12 Mei) sampai Jum’at (15 Mei) ini. Safriyadi selaku Pelaksana Lapangan sudah melakukan koordinasi dengan pihak SMAN 1 Payakumbuh melalui Kepala Sekolah bapak Erwin Satriadi dan jajarannya.

Kampus SMAN 1 Payakumbuh akan menjadi Posko Penyerahan Bantuan IKESMA ini. “Kami sangat senang bisa ikut berperan dalam Baksos yang diselenggarakan alumni ini” tutur pak Erwin. “Dan berharap jalinan silaturrahim antara alumni dan almamater selalu terjaga dan berkesinambungan” tambahnya.

Tak ketinggalan mantan Sekum IKESMA pun memberi apresiasi “Uni sungguh bangga dengan semangat kebersamaan dan semangat kerja adinda semua.” ungkap uni Yetni Azmi penuh haru. “Semoga ke depan IKESMA dan SMAN 1 Payakumbuh semakin jaya dan semakin luas menebar manfaat” harap mantan Deputy Setwapres ini lagi.

Dengan terlaksananya Baksos Ramadhan ini berarti selesai sudah rangkaian kegiatan RAI 2020 yang dialihkan karena dampak Covid 19. “Mubes dan Halal bi Halal akan kita tunda sampai tahun 2021, insya Allah” jelas Muhammad Kadrial. “Mari kita sama-sama berdo’a agar situasi menjadi lebih baik, lebih kondusif, normal dan kita kembali bisa beraktifitas sepertia sedia kala.” pungkas COO RPX Group yang murah senyum ini.

Sementara di beberapa grupp WA IKESMA, Ketua Umum Erizal Azhar terlihat aktif menyemangati Panitia dalam Penggalangan Dana (Donasi) “Kita tetap berbesar hati, meski Mubes dan Halal bi halal belum bisa kita laksanakan tahun ini, tetapi karena tingginya semangat kepedulian anggota IKESMA maka kegiatan dialihkan menjadi Bakti Sosial dan tentunya ini juga memberi manfaat kepada masyarakat. Saya mengapresiasi semangat Panitia Pelaksana dan sangat berterima kasih kepada alumni yang juga berlomba mengucurkan donasinya.” paparnya bersemangat. “Kita perlu bersyukur karena target IKESMA memiliki Badan Hukum dan punya rekening atas nama IKESMA sendiri sudah tercapai. Manfaatnya pun dapat sama-sama kita rasakan sekarang. Dan mudah-mudahan Pengesahan Perubahan AD ART melalui Mubes IKESMA dapat pula kita laksanakan.” tutupnya [ ]

Tinggalkan Balasan