Kelompok

Dalam perkembangannnya IKESMA sejak dibentuk tahun 1985 yang lalu hingga 2018 ini menaungi beberapa Kelompok Alumni. Kelompok-kelompok itu antara lain adalah:

  1. Tuo Sepakat
  2. Tuah Sakato
  3. Labam (Labuah Basilang Maimbau)
  4. Sago Sakato
  5. Kabua (Tiaka Bukik Sitabua) Saiyo
  6. Tiaka Bona
  7. Sarikayo
  8. Ameh Parmato

Pengurus IKESMA Periode 2018-21 ini berwacana untuk memperbesar dan memperluas tingkat partisipasi dan kontribusi para Alumni SMAN 1 Payakumbuh. Hal ini dirasa perlu karena para Alumni yang tamat sejak tahun 1985 jauh lebih banyak dari yang sebelumnya.

Selain itu, kelompok-kelompok sesudah KABUA SAIYO, bisa dikatakan mati suri atau lumpuh. Dalam Rapat Perdana Pengurus yang mengagendakan Susunan Pengurus Lengkap menguat wacana untuk membekukan kelompok Tiaka Bona, Sarikayo dan Ameh Parmato. Sebagai gantinya, ke depan IKESMA akan mengakomodir kelompok Alumni per Angkatan (tahun tamat sekolah).

Untuk itu diharapkan kelompok-kelompok Alumni sejak 1985, 86, 87 hingga 2015 dapat memberitahukan keberadaan kelompoknya beserta Susunan Pengurusnya.

Alasan lainnya adalah karena, memang pada kenyataannya ada tuntutan dari alumni “angkatan muda” yang selama ini merasa bahwa keberadaan IKESMA hanya untuk “angkatan Tua” sahaja.

Tinggalkan Balasan