Parade Ucapan Selamat HUT ke 65 SMA Negeri 1 Payakumbuh

Sejarah ringkas mula berdirinya SMA Negeri 1 Payakumbuh.

Setelah pengembalian kedaulatan oleh Belanda kepada Rl, maka tahun 1950 tentara Belanda meninggalkan Payakumbuh. Para siswa yang belajar di beberapa daerah di Kab 50 Kota pada SMP Darurat berdatangan ke kota dan bersama siswa yang tidak mungkin meninggalkan kota, belajar bersama-sama di SMP Payakumbuh.

Tahun berikutnya terjadi peledakan murid tamatan SMP yang tidak melanjutkan di Payakumbuh karena pada waktu itu belum ada SLTA di Payakumbuh. Bagi orang tua mereka yang mampu mereka dapat melanjutkan di SLTA Bukittinggi, Padang Panjang ataupun Padang. Sebaliknya bagi orang tua mereka tergolong ekonomi lemah tentu sebaliknya

Melihat hal yang demikian maka Pengurus PGRI Kabupaten 50 Kota berusaha mendirikan SLTA di Payakumbuh, mengingat akan kebutuhan guru sangat dirasakan. Berkat kerja keras dari PGRI maka usaha tersebut kenyataan setelah mendapat dorongan dan bimbingan dari pemerintah Daerah Bapak Bupati 50 Kota sehingga pada tahun 1952 diresmikanlah berdirinya SGA Negeri di Payakurnbuh. Usaha PGRI jalan terus, sekarang yang dipikirkan sekolah lanjutan yang lain yaitu SMA dan STM tetapi yang diprioritaskan adalah SMA, sebab anak-anak kita ingin masuk ke SMA harus di Bukittinggi atau di Padang.

PGRI melihat perekonomian rakyat di daerah ini tidak memungkinkan anak mereka bersekolah di Bukittinggi atau di Padang. Tambah lagi sekolah tersebut, menerima murid sangat terbatas. Akibatnya hanya beberapa anak yang orang tuanya mampu dapat melanjutkan sekolahnya ke SMA Pada hal lulusan SMP kian tahun semakin bertambah jumlahnya.

Sebahagian besar anak-anak tersebut berasal dari keluarga tidak mampu. Hal inilah yang mendorong PGRI ingin mendirikan sebuah SMA di Payakumbuh. Usaha ini memerlukan keuletan dan perjuangan yang amat berat. Syarat utama yang memerlukan pemikiran adalah mencari tanah dan harus dibeli dan membangun gedung yang sesuai untuk SMA. Karena rencana ini merupakan usaha yang besar perlu dikonsultasikan dengan Bupati yang pada waktu itu dijabat oleh Bapak Darwis Dt.Tumenggung.

Bapak Bupati sangat memahami perlu adanya sebuah SMA di Payakumbuh mengingat tingginya keinginan masyarakat 50 Kota yang berasal dari daerah yang jauh dari Payakumbuh seperti dari Pangkalan, Baruh Gunung, Situjuah dan lain-lain menyekolahkan anak mereka di SMA Berdasarkan itulah Bapak Bupati menyambut keinginan PGRI mendirikan SMA dan memerintahkan segera membentuk Panitia Pembangunan SMA Negeri 1 Payakumbuh.

Nama yang masih kita ingat dalam kepanitiaan pendirian SMA Negeri 1 adalah:

  • Darwis Dt. Tumanggung selaku Bupati 50 Kota;
  • Damanhuri ZA (almarhum);
  • Alamsuddin;
  • Zamzami Kimin;
  • Rahman;
  • Bapak Djayusman

Panitia bertugas dan memikirkan tersedianya tanah dan membangun gedung. Panitia bekerja dengan gesit sehingga didapatlah tanah tempat pendirian SMA itu di Labuh Basilang. Yang punya tanah bersedia menjual tanah tersebut asal betul-betul untuk mendirikan SMA.

Kemudian panitia mulai memikirkan dan berusaha mengumpulkan uang dan gedung SMA dimulailah bangunannya berangsur-angsur pembangunan sehingga pada tahun 1955 dapat disiapkan 4 buah ruangan belajar dan 1 buah ruangan guru.

Lebih lengkap baca SEJARAH SMA Negeri 1

Parade Ucapan Selamat HUT SMA 1 Payakumbuh

Bapak Asli Sahar (1962)

Bapak Alfian Helmi (1975)

Bapak Cipta Hadi (1976)

Kanda Erizal Azhar (1980) – Ketua Umum IKESMA 2018-2021

Kanda Wahyu Purnama (1987)

Kolonel (Laut) Mulyadi (1991)

Kanti Ariyanto Zein (1992)

Kanti Doni Masriko Husein (1993)

Kanti Adrian Bestari (1993)

 

Sudah masuk 25 Video, insya akan kami tayang semua. Sabar ya…

Dan kalau kanti TERGULUT silahkan:

KLIK di SINI ajah

 

 

One Reply to “Parade Ucapan Selamat HUT ke 65 SMA Negeri 1 Payakumbuh”

  1. Selamat ultah ke 65 sma 1 pyk. Semoga sukses dan jaya sepanjang masa, mendapat ridho dan selalu dilindungi Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Tinggalkan Balasan