Pengurus IKESMA Ikut Berbagi pada Program LDK Pengurus OSIS di SMA Negeri 1 Payakumbuh.

ikesma.com – Kebijakan Ketua Umum (Ketum) IKESMA Ariyanto Zein, SE, MH yang mengkombinasikan Kabinet (baca: Pengurus) baru dengan alumni di Kampuang dan di Rantau mulai memberikan hasil dengan Program Kerja yang nyata. Mereka di antaranya; AM Reza, ST (Bidang Olah Raga dan Wisata) – Mulyadi ST, MT, Irawati (Bidang Seni dan Budaya) dan Andina Adriana (Bidang Organisasi dan Keanggotaan) – Harni Pamil (Bidang Humas).

AM Reza (96) yang akrab dipanggil “Ayung” saat ini bergiat sebagai Manager Operational Transportasi Regional pada salah satu BUMN yang tergabung dan Semen Indonesia Group. Sementara Mulyadi (96) adalah anggota DPRD kabupaten 50 Kota pada Bidang Ekonomi Pembangunan & Kesejahteraan Masyarakat. Sedangkan 3 (tiga) Srikandi IKESMA yang juga berpartisipasi dalam program ini yaitu Harni Pamil (96) adalah Direktur Radio Swasta di Payakumbuh, Irawati (96) adalah Owner dari Gerai Fashion Syar’i dan Andina Adriana (2000) adalah Manager Lembaga Bahasa di Payakumbuh.

Kegiatan ini terlaksana karena adanya Undangan dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Payakumbuh, Drs. Erwin Satriadi MPd, yang diterima AM Reza. “Bapak Kepala Sekolah benar yang meminta. Sebagai alumni, tentu ini kesempatan yang baik bagi kita untuk berbagi Pengalaman dan Pengetahuan.” jelas Ayung.

Program Pembekalan dan Pelatihan ini adalah dalam rangka Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Payakumbuh. Pada sesi pertama siang hari, Reza menyampaikan materi Manajemen Dalam Organisasi dan pada sesi kedua malam hari Mulyadi menyampaikan materi Komunikasi Dalam Organisasi.

“Komunikasi adalah modal paling dasar dalam hal memimpin. Hal ini tentu sangat perlu bagi para calon Pemimpin. Secara pribadi saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam LDK ini. Lagi pula adik-adik, para Pengurus OSIS ini pun bersemangat materi yang disampaikan. Mereka adalah Pemimpin di Masa Depan” jelas Mulyadi.

Sementara itu kanda Dr. Herman Darnel Ibrahim (HDI) selaku Pembina IKESMA yang selalu memantau kegiatan IKESMA berharap agar Pengurus memperkuat jalinan komunikasi dengan SMA Negeri 1 melalui Kepala Sekolah dan jajarannya. Dan Menghimbau adik-adik alumni yang muda-muda untuk memanfaatkan jaringan alumni ini sebagai bagian pengembangan diri disamping sebagai saluran untuk berbuat utk kemajuan kampung halaman kita. “Ini sudah bagus, secara periodik (berkala) usahakan menghadirkan tokoh alumni di SMA Negeri 1 untuk memberikan arahan dan semangat bagi adik-adik siswa.” pinta salah satu mantan Direktur PLN yang sekarang berkiprah di Dewan Energi Nasional (DEN) ini.

Keterlibatan Pengurus IKESMA ini pada Program Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) para Pengurus OSIS di SMA Negeri 1 Payakumbuh tidak terlepas dari eratnya jalinan silaturahmi dengan salah seorang Guru “rasa kawan” yaitu Pak Arif Asman yang saat ini adalah salah satu penggerak terjalinnya hubungan antara alumni dan sekolah. Beliau sebagai Dewan Pembina OSIS dengan berbagai kesibukannya selalu menginformasikan kepada alumni yang sekarang bergabung menjadi Pengurus IKESMA, apa saja kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh sekolah. “Inilah saatnya waktu yang tepat bagi para alumni untuk berbagi kepada sekolah baik pikiran, ide, masukan dan apapun yang bisa diberikan demi kebaikan kita bersama.”

Pada kesempatan yang sama para Alumni yang tergabung dalam kepengurusan IKESMA ini juga memberikan sumbangan demi suksesnya penyelenggaraan LDK yang diserahkan langsung oleh Mulyadi. Di lain pihak, bapak Kepala Sekolah pun sangat senang dengan partisipasi Pengurus IKESMA ini dan berujar “Barokah silaturahim yang tetap terjaga dengan para alumni banyak hal yang bisa kita perbuat bersama dalam meningkatkan kualitas dan kapabilitas siswa. Semoga bisa istiqomah dan berkelanjutan pada bidang-bidang lain.”

Ariyanto Zein selaku Ketum IKESMA tentu menyambut baik hal ini, “Dengan sharing alumni melalui LDK ini kita berharap semakin terjalin dan tercipta sinergi positif antara Alumni yang bernaung di bawah IKESMA dengan Jajaran Guru dan adiak-adiak yang masih menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Payakumbuh.” pungkasnya.[]

Tinggalkan Balasan